Hubungi : 081212736633 / WA : 087875119835 admin@hondajtasih.co.id Jam Kerja : SEL 08.00 - 21.00 WIB :

NEWS! BAHAYA Oli Tercampur Air Karena BANJIR

Halo Honda Lovers, Musim pancaroba membuat cuaca tidak menentu akhir-akhir ini. Siang hari panas, dan sore hari kadang hujan lebat hingga malam hari.

Jika sudah hujan deras, kemungkinan jalanan mengalami genangan dan banjir sulit dihindari. Lantas, genangan air kadang bisa masuk ke celah mesin saat pengendara nekat untuk menerobos banjir. Hal itu memungkinkan terjadinya air akan bercampur dengan oli mesin yang menimbulkan efek buruk bagi kendaraan.

Kondisi oli yang tercampur dengan air membuat daya pelumasannya tidak maksimal. Sementara komponen di dalam mesin seperti piston, kruk as, noken as dan lain lain membutuhkan pelumasan. Oli yang tercampur ini menyebabkan komponen tersebut tidak terlumas secara sempurna. Dengan begitu, hal tersebut akan membuat gesekan antar komponen yang notabene berupa logam tak dapat terhindarkan. Dengan kata lain, semua komponen tadi akan rusak karena saling bergesekan. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka ia akan merusak komponen mesin dengan parah

Oli mesin yang sudah tercampur dengan air nyatanya bisa menimbulkan endapan yang mengakibatkan tersumbatnya saluran oli. Jika demikian adanya, mesin akan mengalami kerusakan parah. Kalau sudah seperti ini, harus turun mesin. Setelah itu, endapan oli bisa dibuang dan mengganti komponen yang rusak.

Tidak hanya itu saja, sifat asam dari air juga dirasa sangat berbahaya untuk bagian internal mesin, karena bisa jadi penyebab utama terjadinya korosi mesin.

Kita sebagai pemilik mobil harus dengan sigap untuk menguras kembali oli mesin ketika menerabas genangan air dengan batas yang tidak wajar atau sudah menyentuh bagian mesin. Namun, jika honda lovers terlanjur menerjang banjir dan tidak tahu apakah air sudah masuk ke mesin atau belum, Honda lovers bisa lakukan hal ini.

  1. Cek Deepstick mesin. Kalau ada buih, besar kemungkinan air sudah masuk ke mesin.
  2. Cek warna Buangan Oli, kalau berwarna kecoklatan sudah pasti air masuk ke dalam mesin

Jika hal ini telah terjadi, maka pemilik harus segera melakukan ganti oli. Untuk melakukan penggantian oli pun sebaiknya dilakukan beberapa kali, untuk memastikan sudah tidak ada air di dalam ruang bakar dan warna oli sudah seperti warna oli yang baru.

Honda Lovers, kalau mobil anda sudah ada indikasi tergenang atau kemasukan air hingga komponen mesin, segera periksakan pada Ahlinya di dealer dan bengkel resmi Honda yang ada di kota anda.

Stay Connected

Slide Model